EVALUASI ALTERNATIF
SEBELUM PEMBELIAN
PENDAHULUAN
Banyaknya barang
ataupun jasa yang tersedia di pasar membuat konsumen harus memilih mana yang
paling cocok bagi kebutuhan dan seleranya.
Untuk memilih mana produk yang paling cocok dan memberikan kepuasan
paling besar, konsumen perlu membandingkan produk – produk yang sejenis, mulai
dari harga, kualitas maupun variabel lainnya. Dalam prosesnya, konsumen perlu
melakukan evaluasi alternatif sebagai tindakan berjaga-jaga, jika terjadi
masalah dalam proses pembelian atau pendapat produk.
PENGERTIAN EVALUASI
Evaluasi adalah proses penilaian. Penilaian ini bisa
menjadi netral, positif atau negatif atau merupakan gabungan dari keduanya.
Saat sesuatu dievaluasi biasanya orang yang mengevaluasi mengambil keputusan
tentang nilai atau manfaatnya.
TAHAP-TAHAP DALAM PROSES PEMBELIAN
1. Menganalisa Keinginan dan Kebutuhan
Penganalisaan keinginan dan kebutuhan
ini ditujukan terutama untuk mengetahui
adanya keinginan dan kebutuhan yang belum terpenuhi atau terpuaskan
2. Menilai Sumber-sumber
Tahap kedua dalam proses pembelian ini
sangat berkaitan dengan lamanya waktu
dan jumlah uang yang tersedia untuk membeli.
3. Menetapkan Tujuan Pembelian
Tahap ketika konsumen memutuskan untuk
tujuan apa pembelian dilakukan, yang
bergantung pada jenis produk dan
kebutuhannya
4. Mengidentifikasikan Alternatif Pembelian
Tahap ketika konsumen mulai mengidentifikasikan berbagai alternatif
pembelian
5. Keputusan Membeli
Tahap ketika konsumen mengambil
keputusan apakah membeli atau tidak. Jika
dianggap
bahwa keputusan yang diambil adalah membeli, maka pembeli akan menjumpai serangkaian keputusan
menyangkut jenis produk, bentuk produk, merk,
penjual, kuantitas, waktu pembelian
dan cara pembayarannya
6. Perilaku Sesudah Pembelian
Tahap terakhir yaitu ketika konsumen
sudah melakukan pembelian terhadap produk
tertentu.
KRITERIA EVALUASI
Kriteria evaluasi,
salah satu aktivitas dalam proses pengambilan keputusan konsumen, memegang
peranan penting dalam memprediksi perilaku pembelian konsumen. Saat konsumen
melakukan aktivitas ini, mereka sedang mempertimbangkan atribut-atribut yang
terdapat pada satu produk dan menilai atribut mana yang lebih penting untuknya
yang ia gunakan sebagai dasar keputusan memilih produk (Kotler, 2005).
TIGA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PILIHAN KONSUMEN
KONSUMEN INDIVIDU
Pilihan merek dipengaruhi oleh kebutuhan
konsumen, persepsi atas karakteristik merek, dan sikap ke arah pilihan.
Sebagai tambahan, pilihan merek dipengaruhi oleh demografi konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.
PENGARUH LINGKUNGAN
Lingkungan pembelian konsumen
ditunjukkan oleh budaya (norma kemasyarakatan, pengaruh
kedaerahan atau kesukuan), kelas sosial (keluasan grup sosial ekonomi atas harta milik konsumen), grup tata muka
(teman, anggota keluarga, dan grup referensi)
dan faktor menentukan yang
situasional (situasi dimana produk dibeli seperti
keluarga yang menggunakan mobil dan kalangan usaha).
Marketing strategy
Merupakan variabel dimana pemasar
mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan
mempengaruhi konsumen. Variabel-variabelnya adalah barang, harga, periklanan dan distribusi yang mendorong
konsumen dalam proses pengambilan keputusan.
Pemasar harus mengumpulkan informasi dari konsumen untuk evaluasi kesempatan utama pemasaran dalam pengembangan
pemasaran. Kebutuhan ini digambarkan
dengan garis panah dua arah antara strategi pemasaran dan keputusan konsumen dalam gambar 1.1 penelitian
pemasaran memberikan informasi kepada organisasi pemasaran mengenai
kebutuhan konsumen, persepsi tentang
karakteristik merek, dan sikap terhadap pilihan merek. Strategi pemasaran kemudian dikembangkan dan diarahkan kepada
konsumen.
MEMILIH ALTERNATIF TERBAIK
Di dalam pengambilan
keputusan, pengambil keputusan harus memilih salah satu alternatif di antara
banyak alternatif. Pemilihan dapat dilakukan berdasarkan pada kriteria
tertentu, kompromi, atau tekanan. Memang harus diakui ada hasil keputusan yang
memuaskan semua pihak tetapi ada juga yang merugikan pihak lain.
KESIMPULAN
Evaluasi alternatif
merupakan salah saru tahapan dalam proses pengambilan keputusan yang sangat
penting. Banyak pilihan alternatif yang ada membuat kita harus teliti dan
cermat dalam menetukan pilihan yang tepat. Ada beberapa cara untuk memilih
produk yang tepat, yaitu menetukan kebutuhan akan suatu produk, memilih harga
dan kualitas yang tepat, membandingkan produk-produk yang sejenis. Dengan
melakukan evaluasi alternatif diharapkan konsumen dapat memilih produk yang
tepat dan memberikan kepuasan yang paling maksimal.
Sumber :
http://rivaldiligia.wordpress.com/2011/12/14/evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian/http://bangfajars.wordpress.com/2009/09/03/pengertian-evaluasi-menurut-pakar/
http://www.wattpad.com/4248605-pengertian-perilaku-konsumen-evaluasi-alternatif
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/evaluasi-alternatif-sebelum-melakukan-pembelian/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/evaluasi-alternatif-sebelum-melakukan-pembelian/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar